Selamat jalan mama tercinta

7 maret 2013 malam jumat dapet kabar dari ade gue kalo mama meninggal dunia, dan gue saat itu dijepang. semuanya kerasa cepet banget. dari mama sakit, keluar masuk rumah sakit, pindah rumah sakit. ya semuanya. terakhir ketemu mama pas januari 2013 gue balik mendadak ke jakarta buat ketemu mama. cuman 2 minggu itu juga izin kuliah. tiap hari sama gama kesana nemenin seharian. pas januari ketemu mama, mama kaget banget liat gue sampe diem dulu beberapa detik terus nangis soalnya ngga nyangka sama sekali kalo gue balik kejakarta. jujur pas surprise masuk ke ruangan mama di rs. mmc kuningan, gue kaget banget. mama beda banget sama pas ketemu terakhir bulan agustus 2012. kurus banget banget. begitu ketemu seneng sama sedih campur jd satu, tp sedih harus bisa ditahan didalam diri sendiri pas itu. biar mama ngga ikutan sedih. kemo ke 2 gue ada, sempet berapa hari balik kerumah, gue sama ade gue kerjasama ngurusin mama. soalnya kita bertiga doang. kl di inget-inget sedih jg pas rambut mama mulai rontok banyak banget krn efek obat kemo dan gue yg sadar pertama kali. lagi-lagi pengen nangis, tp ngga boleh. mama bilang "kl rambut mama botak gimana ya dori ngga cantik lg dong ntar mama? numbuh lg ga ya?" gue selalu bales "rambut bisa numbuh lg tau yg penting kan sembuh dulu! lagian skrg lg trend cewe botak tau ahahahaha", sebisa mungkin biar mama ketawa & semangat.

terus selama beberapa hari dirumah gue yg mandiin mama. mandiin mama dikamar mandi, mama duduk dibangku gue yg mandiin. jd ngerasa lucu, pas kecil gue yg selalu dimandiin mama, sekarang gue yg lagi mandiin mama. pas mau balik kejepang, pamit sama mama di rs, kita pelukan. bisa dibilang kita gapernah pelukan selama itu. "mama hrs percaya sembuh dan pasti sembuh. nanti main kejepang ya kl udh sembuh, 1 taun lg aku lulus kuliah, kerja, nikah, mama main sama cucu ya ma. harus percaya", "iya ndri mama percaya pasti sembuh terus main sama andri dijepang", "iya insyaallah aku taun dpn kesini lg ya kl ada rezeki, dan mama pasti udh sembuh". mama cium pipi kiri kanan jidat sambil nangis, gue juga ikutan nangis. tp tuhan berkata lain. ternyata itu pertemuan terakhir gue sama mama. mama pergi buat selamanya kesisi-nya. sekarang mama udah tenang disana, ngga ngerasa sakit lagi, udh ngga menderita, udah dimudahkan sama yg diatas. hari-hari sebelum mama pergi, mama bilang "akhir-akhir ini tidur mama nyenyak banget deh, ngga susah", pdhl mama susah tidur karena efek obat, sakit segala macem. kata ade gue jg tidurnya jd lama nyenyak bgt.

pas tanggal 7 maret mama sama ade gue tasha nunggu dipanggil dokter mau check-up hasil. soalnya dari hasil darah segala macemnya hasil mama udah bersih dari kanker, dokter jg pada kaget sama perkembangan sembuh mama. mama nunggu dipanggil dokter sambil seneng soalnya hasilnya udah bagus, terus minta ke tasha beliin rawon, katanya pengen makan rawon sambil nunggu dokter. rawon makanan kesukaan mama. ade gue beliin, kasih ke mama. pas baru suap ke 2 mama batuk dan langsung nyender ke pembantu gue yg disebelah mama. tasha panik dokter langsung keluar nolong mama. mama udah pergi saat itu. ternyata mama meninggal bkn karena kankernya tp krn jantungnya. mama emang punya kelemahan dijantung bawaan dari lahir. semuanya bener-bener cepet. mama dipanggil sama yg diatas dgn mudah, ngga pake kesakitan. bener-bener cuman hitungan detik, lagi dirumah sakit, ada dokter, tasha, dan terakhir lg makan rawon kesukaannya. coba kl mama lagi dirumah berdua tasha aja? gue ngga kebayang sama sekali. emang segala sesuatu itu udah diatur sama yg diatas ya. gue bisa ketemu mama bulan januari jg iya, coba kl waktu itu ngga sempet ketemu, ngga sempet ngerawat mama tiap hari & gue tetep dijepang? mungkin gue sedih nyesel banget. bener-bener cuman bisa bersyukur. agustus 2012 jg udah dikasih kesempatan surprise ulang tahun mama apalagi mama masih sehat bugar waktu itu, puasa lebaran bareng. pdhl 2 taun loh gue udh ngga puasa lebaran sama mama & tasha.

umur manusia itu emang ngga ada yang tau, jd selama masih ada, dikasih kesempatan ketemu, emang harus disyukuri dan dijaga baik-baik waktu yg lg berjalan supaya ngga nyesel belakangan.
mama bukan pergi jauh, tp duluan aja dipanggil sama yg diatas, balik ke pemilik-nya. suatu saat kita jg kesana dan ketemu lagi. mama yg tenang ya disana nanti kita pasti ketemu kl saatnya tiba :)

foto terakhir sama mama pas bulan januari 2013 sebelum balik ke tokyo

foto terakhir yg mama kirim katanya "liat deh mama segeran skrg"
jg pamer sweater gue yg dipake mama pdhl dicuri doi diem-diem

8 maret 2013 sampe indonesia buat surprise ke mama terakhir kali :)


miss you mom..

Comments

  1. Mama kamu pasti tenang disana ya Dor.. hiks, selalu doain yang terbaik untukmu dan Tasha ya ;)

    ReplyDelete
  2. aku turut berduka cita ya, Dor. semoga mama bahagia selalu di sisi-Nya. ^^

    ReplyDelete
  3. Kak dori, tunjukkin aja keberhasilan mama ka dori ngedidik ka dori sampe saat ini sukses di jepang sekeluarga, dg ka dori seneng pasti mama ka dori juga bahagia, keep pray ;)

    ReplyDelete
  4. Kak seneng banget I found another one yang kayak kakak gini. Aku setuju tuh kalo ada yang dipanggil Tuhan it means waktu susah di bumi selesai, sekarang udah balik ke sisiNya dan we have to be grateful indeed. Hihihi semangat kak!

    ReplyDelete
  5. Mama nya kak dor meninggal pas aku lagi ultah:') sabar ya kak dor ��

    ReplyDelete
  6. Kak Dori.. itu foto Mamah yang bareng2 sama yang terakhir kali beda jauh ya... Pasti sakitnya udah berat banget. Hiks

    ReplyDelete
  7. :'''' selamat jalan mama kaka dori... doain mamanya ya kak. jadi anak solehah, biar mamanya tenang di sana.
    aku jd sedih, gmn kalo suatu saat aku ky gini... hrs banggain orang tua:'''')

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts